Senin, 14 November 2011

Dusun Legundi menyambut idul Adha


Dusun Legundi menyambut Idul Adha.
Masyarakat Dusun Legundi, Desa Gempollegundi kecamatan Gudo Jombang kembali menyambut datangnya hari raya Idul Adha dengan melaksanakan Qurban. Hari raya Idul Adha yang jatuh pada hari Minggu, tanggal 06 Nopember 2011 dalam pelaksanaan penyembelehan hewan qurbannya, dilaksanakan di halaman masjid Dusun Legundi yang di pimpin oleh panitia Qurban dan Takmir Masjid.
Sebelum acara penyembelahan sebagai umat muslim tentu melaksanakan Sholat Idul Adha, masyarakat dusun Legundi melaksanakan sholat Ied di masjid pada pukul 06.00 WIB dan di pimpin langsung oleh imam Masjid dusun Legundi. Sholat Ied usai pukul 06.35 WIB dan disusul dengan acara inti yakni Acara pelaksanaan penyembelehan hewan qurban. Tepat pukul 07.05 acara penyembelehan dimulai.
Tahun ini masyarakat dusun Legundi tetap antusias tuk berkurban. Hal ini dapat dilihat dari jumlah hwean qurban yang berada dihalaman masjid dusun Legundi. Berdasarkan data dari panitia qurban, jumlah masyarakat yang mendaftarkan hewan qurbannya berjumlah 44 orang dengan rincian 3 Sapi dan 23 Kambing. Memang sepertinya tradisi qurban telah melekat dihati masyarakat dusun Legundi, sebab setiap tahun jumlah hewan qurban selalu berjumlah banyak.
Berikut adalah rincian daftar masyarakat yang mendaftarkan hewan qurbannya.


Setelah acara pemotongan selesai daging Qurban yang telah dibagikan sejumlah kepala keluarga yang ada di dusun Legundi, kemudian di bagikan dengan cara tiap-tiap keluarga mewakili keluarganya untuk mengambil daging Qurban yang telah disediakan panitia dengan membawa Kupon pengambilan. Hal ini dilakukan agar tidak ada kerancuan dalam pembagian daging hewan qurban. Kupon itu dibagikan sebelum acara pembagian, yakni setiap kepala RT membagikan kepada Anggotanya. Pengambilan daging qurban dilakukan dihalaman Masjid Ussisa Ala Taqwa yakni Masjid dusun Legundi.
Setelah semua kepala keluarga telah menerima hasil daging qurban, maka tibalah giliran panitia pemotong daging hewan qurban tuk mengambil bagian. Hal ini sebagai imbalan karena telah bersusah-payah memotong daging kurban yang akan dibagikan tadi. Semua panitia mendapat daging hewan qurban yang telah disiapkan.
Pukul 11.30 WIB acara telah usai. Para panitia pun meninggalkan halaman masjid untuk sekedar mandi membersihkan diri dari kotoran darah hewan qurban ataupun tidur untuk beristirahat. Demikian serangkaian acara Idul Adha yang ada di dusun Legundi Desa Gempollegundi Kecamatan Gudo kabupaten Jombang. Semoga acara seperti ini tetap berjalan sepanjang tahun dan kerukunan warga dusun Legundi tetap Harmonis dan terjaga.
Berikut adalah Galeri photo pelaksanaan Qurban di dusun Legundi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar