Selasa, 12 Juni 2012

DESA GEMPOLLEGUNDI

Desa Gempollegundi adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Di desa inilah Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo lahir dan menjalani masa kecilnya.

Gempollegundi berkodepos 61463, diperoleh dari kode pos Kecamatan Gudo.

Gempollegundi memiliki potensi alam yang cukup menunjang perekonomian masyarakatnya jika dapat dikelola dengan baik. sebagai contoh yakni disektor pertanian. sebagian besar wilayah Gempollegundi adalah persawahan dengan tanah yang cukup subur yang mampu ditanami Padi, Jagung, Kacang kedelai, kacang tanah, buah buahan seperti semangka dan  melon, Tebu, Sayuran (cabai, cabai rawit, mentimun, kacang panjang, terong, kol, sawi dan berbagai jenis sayuran yang cocok didataran rendah).

potensi pertanian ini didukung dengan adanya Gabungan Kelompok Tani atau disingat GAPOKTAN dan Kelompok Tani (POKTAN) yang sampai sekarang masih aktif dan semakin berkembang. Berdirinya lembaga atau organisasi ini tentunya sangat membantu masyarakat Desa Gempollegundi dalam hal pendampingan pertanian. Misalkan penyuluhan tentang pertanian, pembinaan dalam hal pembuatan pupuk kandang yang bagus bagi kesuburan tanah, serta pembinaan dalam hal perawatan dan pemupukan tanah yang baik yang nantinya dapat meningkatkan hasil panen, koperasi dari GAPOKTAN yang terwujud dalam pinjaman modal pertanian yang diberikan kepada anggota Kelompok Tani yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para petani Desa Gempollegundi. Disamping penyuluhan tersebut juga ada pemecahan masalah pertanian yang berhubungan dengan hama Tikus yang mampu menggagalkan hampir 40 persen Panen padi yang ada di Desa Gempollegundi terutama Dusun Legundi, Pilang dan Metuk dengan cara Gropyokan bersama memberantas hama Tikus. Kegiatan itu pun berhasil mengurangi populasi Tikus di Desa Tersebut sehingga berdampak meningkatnya kembali hasil pertanian setelah hama tersebut hilang.

Disamping Sektor pertanian, terdapat juga sektor perdagangan dan Industri Rumah tangga (Home Industri) yang bertaraf Kecil menengah. Seperti pembuatan Kombong Ayam, Almari (Tolet), Pembuatan Bekatul atau Dedak yang sampai saat ini masih berproduksi. Sentra Industri tersebut jika dikembangkan akan mampu meningatkan taraf penghasilan para pedagang yang berdampak mampu menyerap tenaga kerja Lokal (para tetangga) yang berarti mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Mengingat kwalitas Kombong Ayam dan Almari (Tolet) tersebut cukup baik yang mana tersebar ke Kota-kota antara Lain : Sidoarjo, Surabaya, Probolinggo dan beberapa kota kecil lainnya.

Mata Pencaharian Penduduk Desa Gempollegundi antara lain
a.       PNS
b.      TNI/POLRI
c.       Petani
d.      Buruh Tani
e.       Pedagang (blantik Sapi, pedagang keliling, Toko)
f.       Wirausaha (Sentra pembuat Kombong)
g.      Dan beberapa paternak (sapi dan ayam)

Sistem pemerintahan:
Bersambung....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar