Senin, 20 Desember 2010

Tugas Manajemen Studi Islam
Dosen Pengampu Ngainun Naim, M.HI.
Oleh Sagiyan Taruna Alip

PERTANYAAN:
Apa yang dimaksud dengan istilah “AKULTURASI” dalam
“PENDEKATAN STUDI ISLAM”???

JAWABAN:
Pengertian Akulturasi
Dalam sebuah teks bacaan yang berjudul berbagi pendekatan dalam studi Islam terdapat Istilah Akulturasi. Akulturasi dalam Wikipedia bahasa Indonesia Berarti: Akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri.

Dari pengertian tersebut kita dapat mengambil pengertian, Akulturasi merupakan proses sosial yang timbul bila suatu kelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur dari suatu kebudayaan asing sedemikian rupa sehingga unsur-unsur kebudayan asing itu lambat laun dapat diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kebudayaan itu sendiri.
Sebagai contoh, masyarakat pendatang berkomunikasi dengan masyarakat setempat dalam acara syukuran, secara tidak langsung masyarakat pendatang berkomunikasi berdasarkan kebudayaan tertentu milik mereka untuk menjalin kerja sama atau mempengaruhi kebudayaan setempat tanpa menghilangkan kebudayaan setempat.
Sedangkan dalam bacaan yang berjudul “PENDEKATAN STUDI ISLAM” berikut adalah kalimat yang didalamnya terapat kata yang menunjukkan istilah tersebut:
“Studi islam atau studi keislaman (Islamic studies) merupakan suatu disiplin ilmu yang membahas Islam, baik sebagai ajaran, kelembagaan, sejarah maupun kehidupan umatnya. Dimaklumi bahwa Islam sebagai agama dan sistem ajaran telah menjalani proses akulturasi, transmisi dari generasi ke generasi dalam rentang waktu yang panjang dan dalam ruang budaya yang beragam.”
Kata yang bergaris bawah dan dicetak tebal tersebut berarti Ajaran Islam telah masuk dalam masyarakat dan menyatu dengan budaya atau menyatu dengan proses social masyarakat tersebut, sehingga unsur-unsur kebudayan ISLAM tersebut lambat laun dapat diterima dan diolah ke dalam kebudayaan masyarakat itu sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kebudayaan itu sendiri.
Demikian pengertian dari Akulturasi dalam bacaan ang berjudul PENDEKATAN STUDI ISLAM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar