Rabu, 15 Desember 2010

TUGAS : PROPOSAL SKRIPSI
Oleh : Sagiyan taruna Alip
Jurusan/Prodi : Tarbiyah/PGMI-B/VII
Mata Kuliah : Praktikum Seminar Proposal
Dosen Pengampu : Khoirul Anam, M.Pd.I.

JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM, MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SUB BAB PERUBAHAN WUJUD SUATU BENDA DI MIN SUMBERAGUNG, KEC. PERAK KAB. JOMBANG GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA.
A. Latar Belakang.
Alasan memilih judul ini dikarenakan pembelajaran IPA dirasa sangatlah sulit untuk di pelajari bagi para siswa, terutama Sub bab Perubahan Wujud suatu benda di kelas V MIN Sumberagung, kec. Perak kab. Jombang. Oleh karena itu dengan di adakannya penelitian ini diharapkan dapat menemukan inovasi dalam pembelajaran untuk disampaikan ke peserta didik, yang mana nantinya akan dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan.

B. Rumusan Masalah.
1. Adakah Pengaruh penggunaan media pembelajaran di kelas berbasis Praktikum langsung, terhadap peningkatan prestasi belajar siswa?
2. Adakah Hubungan antara penggunaan media pembelajaran di kelas berbasis Praktikum langsung, terhadap peningkatan prestasi belajar siswa?
3. Bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran di kelas berbasis Praktikum langsung, terhadap peningkatan prestasi belajar siswa?

C. Tujuan Penelitian.
1. untuk mengetahui Adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran di kelas berbasis Praktikum langsung, terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.
2. untuk mengetahui Ada atau tidaknya Hubungan antara penggunaan media pembelajaran di kelas berbasis Praktikum langsung, terhadap peningkatan prestasi belajar siswa
3. untuk mngetahui Bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran di kelas berbasis Praktikum langsung, terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.

D. Manfaat Penelitian.
a. Bagi Peneliti
Dengan diadakannya penelitian ini, maka peneliti akan dapat menemukan hal baru dalam inovasi pembelajaran yang mana akan dirasa bermanfaat sekali apabila inovasi pembelajaran tersebut berguna bagi semua pelaksana pendidikan dan peserta didik. Sehingga peneliti akan merasa bangga bahwasannya penelitiannya bermanfaat bagi orang lain, sehingga peneliti akan termotivasi untuk penelitian lebih lanjut dalam rangka mencari inovasi pembelajaran yang baru.
b. Bagi Siswa.
Dengan Diterapkannya media pembelajaran berbasis Praktikum langsung, maka para siswa akan dapat mengikuti dan mampu menyerap matei IPA dalam hal ini adalah Perubahan Wujud Zat Suatu benda. Sehingga siswa merasa terbantu dan pembelajaran pun menjadi mudah dan menyenagkan. Secara tidak langsung hal ini akan meimbulkan motivasi untuk belajar, sehingga prestasi belajar siswa meningkat.
c. Bagi Pengelola/Kepala Sekolah
Dengan diterapkannya Media pembelajaran berbasis Praktikum langsung, bagi kepala sekolah/ pengelola sekolah akan dapat membantu dalam menyiapkan Akreditasi, mengingat semakin banyak media pembelajaran maka akan semakin menambah nilai positif pada sekolah tersebut.
d. Bagi Pemerintah
Dengan Adanya Media Pembelajaran berbasis Praktikum langsung, maka akan dapat menambah catatan inovasi pembelajaran bagi pemerintah untuk memanajemen dan melaksanakan pendidikan yang bermutu, sehingga dapat di kembangkan lebih lanjut dan diterapkan dalam pembelajaran di semua sekolah Dasar di seluruh Indonesia.

E. Hipotesis.
a. Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Praktikum langsung dikelas V MIN Sumberagung, kec. Perak Kab. Jombang, mata pelajaran IPA sub bab Perubahan Wujud Zat Suatu Benda terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.
b. Ada Hubungan antara penggunaan media pembelajaran berbasis Praktikum langsung dikelas V MIN Sumberagung, kec. Perak Kab. Jombang, mata pelajaran IPA sub bab Perubahan Wujud Zat Suatu Benda terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.
c. Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Praktikum langsung dikelas V MIN Sumberagung, kec. Perak Kab. Jombang, mata pelajaran IPA sub bab Perubahan Wujud Zat Suatu Benda terhadap peningkatan prestasi belajar siswa sangatlah besar. Dengan diterapkan media tersebut para peserta didik menjati termotfasi dan pembelajaran pun menjadi menenangkan, sehingga dapat memotivasi siswa untuk selalu belajar. Dengan demikian, maka prestasi belajar siswa meningkat.

F. Ruang Lingkup.
Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah Mata Pelajaran IPA kelas V (lima) pada sub bab Perubahan Wujud Zat Suatu Benda di Madrasah Ibtida’iyah Negeri Sumberagung,kecamatan Perak Kabupaten Jombang.
G. Asumsi
Dengan diterapkannya penggunaan media pembelajaran berbasis Praktikum langsung dikelas V mata pelajaran IPA sub bab perubahan wujud zat suatu benda di MIN Sumberagung kec. Perak Kab. Jombang akan sangat bermanfaat bagi peningkatan prestasi belajar siswa. Serta akan sangat bermanfaat bagi pemerintah/pengelolah sekolah yang mana akan menjadi catatan baru penemuan inovasi pembelajaran yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran di seluruh Indonesia umumnya dan di MIN Sumberagung khususnya.

H. Penegasan Istilah.
Media Adalah alat yang digunakan untuk memudahkan manusia dalam menyampaikan sesuatu. Sedangkan Media Pembelajaran adalah media yang digunakan untuk membantu memudahkan guru dalam menyampaikan suatu materi pelajaran dan Memudahkan atau membantu siswa dalam menyerap materi yang disampaikan oleh guru.
Sedangkan arti pengaruh menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah daya yang ada atau timbul dari suatu benda (orang, benda) yang ikut membentuk watak, kepercayaan atau perbuatan seseorang. Sehingga dengan melihat istilah tersebut, arti pengaruh menurut judul Proposal ini adalah adanya suatu hubungan yang mana antara penggunaan media dengan presetasi belajar siswa yang mana keduanya saling terkait dan berhubungan.
Berbasis merupakan kata dasar dari Basis yang menurut kamus bahasa Indonesia berarti asas atau dasar. Sehingga disini dapat diartikan, berbasis adalah penerapan atau penggunaan media pembelajaran yang berasaskan atau berdasar/berwujud/berbentuk pembelajaran langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar